we make markets. worldwide.



Tendence - The Trendsetting Trade Fair for Interior Lifestyle & Gifts Premium
04 July 2020

Heimtextil: The International Trade Fair for Home & Contract Textile
11 January 2022

Christmasworld - The World's Leading Trade Fair for Seasonal & Festive Decorations
28 January 2022

Ambiente - The Biggest International Trade Fair for Consumer Goods
11 February 2022

Paperworld - The International Trade Fair for Stationery, Office Supplies & Writing Instruments
29 January 2022

Musikmesse - The International Trade Fair for Musical Instruments, Sheet Music, Music Production and Marketing
22 October 2021

Prolight + Sound - The International Trade Fair for Technologies & Services for Entertainment, Integrated Systems and Creation
26 April 2022

ISH - The World's Leading Trade Fair for the Bathroom Experience, Building, Energy, Air-conditioning Technology, Renewable Energies
22 March 2021

IFFA - The Leading International Trade Fair for the Meat Industry
14 May 2022

Hong Kong International Stationery Fair - Asia's Key Trade Event for Stationery
10 January 2022

Intertextile Shanghai Home Textiles - China International Trade Fair for Home Textile & Accessories
10 March 2021

Paperworld China - China International Trade Fair for Stationery & Office Supplies
15 October 2021

Paperworld Middle East - The International Trade Fair for Paper Products, Office Supplies & Stationery
14 December 2021

Beautyworld Middle East - The Largest International Trade Fair for Beauty Products, Hair, Fragrance & Well being in Middle East
05 October 2021

Texprocess - Leading International Trade Fair for Processing Textile & Flexible Materials
04 May 2021

Light + Building - The World's Leading Trade Fair for Lighting & Building Services Technology
13 March 2022

Texworld USA: The International Trade Fair for Fabrics, Trims & Accessories
12 January 2021

Creativeworld - The International Trade Fair for Hobbies, Arts & Crafts and Artists' Requisites
29 January 2022

Automechanika - The World's Leading Trade Fair for the Automotive Industry
14 September 2021

Techtextil - The Leading International Trade Fair for Technical Textiles
21 June 2022

Intersec Dubai - The World's Leading Trade Fair for Security, Safety & Fire Protection
16 January 2022

Hypermotion - NEW, The International Trade Fair for The Transport System of Tomorrow
14 September 2021

ISH India - The International Trade Fair for Plumbing, Sanitation, Bathroom & Kitchen, Renewable Energy and Home Automation Systems
20 May 2021

Interpets Asia Pacific - The International Fair for Better Life with Pets
01 April 2021

Automechanika Dubai - The International Trade Fair for The Automotive Industry
14 December 2021

Yarn Expo (Autumn) - The International Trade Fair for Fibres and Yarns
25 August 2021

Interior Lifestyle Tokyo - The International Trade Fair Lifestyle Concept in Interior Design
19 May 2021

IFFT/Interior Lifestyle Living - The International Trade Fair for High-End Design and Products
18 October 2021

Techtextil North America - The International Trade Fair for Technical Textile and Nonwovens
23 August 2021

Beautyworld Japan - The International Trade Fair for Beauty and Spa Industry
19 April 2021

Automechanika Shanghai - The largest trade fair for automotive parts, accessories, equipment and services in Asia
24 November 2021

Automechanika Ho Chi Minh City - The Leading Regional Trade Fair for the Automotive Service in Vietnam
30 June 2021

Yarn Expo (Spring) - The International Trade Fair for Fibers and Yarns
10 March 2021

CINTE Techtexhtil - Asia's Leading Trade Fair for Technical Textile and Non woven Products
02 September 2020

PT Dianta Mitrafairindo Internasional
Jl. Raden Saleh No. 6
Wisma Nugraha Lt. 4, R. 401
Jakarta 10430

Tel.: +62 21 3190 4340
Fax: +62 21 3190 4341
info@dianta.co.id

News

Gebrakan Industri Tekstil di Kancah Internasional

Bicara mengenai tekstil, maka kita akan sampai pada hal-hal yang paling sederhana di sekitar kita hingga ranah massal yang memberi sumbangsih besar bagi revolusi industri dewasa ini. Tekstil tidak lagi dipandang sebagai produksi tersier sebagai pelengkap belaka, geliatnya kini terus mengindikasikan pertumbuhan yang signifikan.

Dari kota Frankfurt, Jerman, CASA Indonesia bertandang ke satu ekshibisi tekstil terbesar di dunia yaitu Heimtextil. Mengawali perjalanannya, Heimtextil telah diselenggarakan sejak tahun 1971 dan sebelumnya dikenal sebagai pameran Frankfurt Spring Fair yang kini dikenal dengan nama Ambiente. Namun seiring pertumbuhan yang kian besar pada segmentasi tekstil di tahun 1960 dan 1970-an, Heimtextil berdiri secara mandiri dan sukses menggaet 600 partisipan dari 26 negara pada perhelatan perdananya.

Lingkup industri yang digagas oleh Heimtextil terfokus pada bidang tekstil untuk produk rumahan, pelapis lantai, dan industri tekstil rumah tangga. Sejak itu, perkembangan Heimtextil kian pesat hingga di tahun 2018 silam, ajang Heimtextil berhasil menarik 2.975 peserta pameran serta 70.000 pengunjung dari 135 negara di seluruh dunia.

Heimtextil 2019 yang telah diselenggarakan pada 8 hingga 11 Januari lalu di Messe Frankfurt, kembali menampilkan beberapa segmen utama dalam industri tekstil rumah tangga. Di antara segmen tersebut adalah Heimtextil Trends 2019/2020, Textile Design & Digital Print Technology, kemudian Wall Decoration, Decorative & Furniture Fabrics, untuk wilayah Asia terdapat segmen Asian Excellence dan Asia Selection, Beautiful Living hingga Smart Bedding.


Pada konferensi pers yang diselenggarakan di hari pertama pameran, Olaf Schmidt selaku Vice President Textiles and Textile Technologies Messe Frankfurt mengungkapkan bila Heimtextil 2019 tampil begitu optimis dan percaya diri untuk menyuguhkan ragam inovasi di industri tesktil. Dengan total 3.016 partisipan pameran dari 65 negara, Heimtextil 2019 diklaim mampu menggerakkan perekonomian secara global sekaligus memberi dampak positif bagi lingkungan berkat terobosan-terobosan baru dari segi produksi tekstil itu sendiri. Heimtextil 2019 kali ini mengusung tema Toward Utopia yang dipresentasikan secara apik pada area Trend Space. Konsep Toward Utopia sendiri merupakan rumusan dari beberapa pakar serta pemerhati tekstil seperti Anne Marie Commandeur dari Stijlinstituut Amsterdam dan Anja Bisgaard Gaede dari SPOTT Trends & Business. Nama Stefan Weil dari Atelier Markgraph bertindak merancang pembagian ruang spasial untuk area Trend Space dimana konsep-konsep dari tema Toward Utopia tersebut dapat tersampaikan kepada publik secara gamblang.

Sementara itu, Caroline Till selaku co-founder Franklin Till Studio yang berbasis di London memaparkan makna Toward Utopia sebagai cara manusia untuk menemukan makna-makna baru dari realita yang ada dan dituangkan ke dalam bentuk tekstil. “Anda mungkin ingin keluar dari dunia digital saat ini dan ingin menyatu dengan alam, atau Anda ingin terjun secara total di dunia maya dan membawa unsur-unsur alam dalamnya. Itu semua adalah bagaimana proses manusia menemukan utopia baru dalam kehidupan.”, terang Caroline.

Dari konsep Toward Utopia tersebut, Heimtextil 2019 membaginya ke dalam lima instalasi di area Trend Space. Kelima instalasi tersebut adalah Pursue Play yang tampil sangat interaktif dengan sebuah ayunan berwarna kuning menyala yang dibuat dari ikatan-ikatan kain. Pesan yang ingin disuarakan pada instalasi Pursue Play tersebut adalah bagaimana warna-warna primer pada tekstil tetap menjadi primadona sejak era flower generation di tahun 1960-an silam. Beralih ke instalasi Go Off-Grid yang menampilkan eksplorasi material-material tekstil untuk outdoor seperti kanvas dan parasut menyuguhkan inovasi baru dengan mengedepankan tekstil ramah lingkungan.

Di sisi lain area Trend Space, instalasi bertajuk Escape Reality memaparkan beragam tekstil dengan motif dan warna yang imajinatif. Hal ini merupakan penyelarasan tema Toward Utopia dimana manusia memiliki fantasi untuk terbebas dari realita yang ada dan dapat dituangkan dalam bermacam motif pada tekstil. Tampak kontras dari instalasi Escape Reality, area Seek Sanctuary dirancang dengan juntaian-juntaian kain berwarna putih dan warna lembut lainnya. Instalasi Seek Sanctuary merupakan penggambaran utopia manusia yang merindukan sebuah waktu, tempat, dan suasana untuk istirahat sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan. Dalam instalasinya dipamerkan ragam tekstil yang lazim digunakan untuk kamar tidur maupun ruang santai seperti linen.

Instalasi terakhir dari area Trend Space di Heimtextil 2019 adalah Embrace Indulegence yang menyajikan nilai luks sebuah tekstil, seperti material dan warna-warna yang memiliki karakteristik mewah serta elegan. Usai mengitari area Trend Space, CASA Indonesia menyambangi area lain di ajang Heimtextil 2019 seperti ragam seminar tentang desain dan tekstil serta area utama dari pameran tekstil yang dibagi dalam beberapa segmen. Heimtextil 2019 kali ini begitu sukses dengan total pengunjung mencapai lebih dari 67.000. Indonesia sendiri tidak ketinggalan untuk ikut serta dalam ajang bergensi ini, di antaranya adalah Ateja yang berasal dari Bandung sebagai produsen tekstil ternama.

See you at Heimtextil 2020!


Sumber: CASA Indonesia 01/2019

Toolbar-Navigation